Perjuangan Amaliyah Tadris part 1

suasana amaliyah perdana di GP Kampus 1,Mantingan
Amaliyah tadris dari kata bahasa arab amal artinya  mengerjakan dan tadris artinya pengajar,dan keseluruhanya berarti praktek mengajar.kenapa di gontor diadakan acara “tarbiyatu-l-amaliyah li sannati nihaiyah”?coz, di Gontor telah menerapkan system pendidikan dan pengajaran dan sebagai pencetak kader pemimpin ummat serta untuk menciptakan masyarakat yang bertaqwa kepada Allah Ta’ala.maka di pondok ini diadakan Tarbiyatu-l-Amaliyatu At-Tadrisiyah guna menciptakan pengajar yang baik sesuai dengan pendidikan islam.sebab kenapa? Supaya kita tahu bagaimana cara mengajar dan menjadi guru yang baik,sukses dalam mengajar,dan supaya kita tahu teknik dan metode mengajar dalam berbagai mata pelajaran dan cara mengajar yang benar untuk menjadi guru yang layak public figure,beri contoh yang baik bagi anak didiknya dan lain sebagainya. Dan juga sebagai bekal pengabdian  kami   nanti,karena setiap alumni yang pernah menjadi santri harus berjiwa ustadz ato ustadzah,yaitu seorang guru yang bisa mengajar dengan baik untuk masa depan anak-anak dan menjaga nama baik pesantren. Dan info lebih lanju klik disini  http://www.gontor.ac.id/berita/pengarahan-umum-awali-amaliyah-tadris. oke!
pengarahan tarbiyatul amaliyah
Hari pertama amaliyah udah dikejar layak deadline haha..maklumlah bikin I’dad,persiapan mengajar.karena tanpa I’dad seorang guru haram mengajar,itulah hukum pengajaran di PMDG. Dan hari kedua giliranku dapat panggilan! Wah..seneng sekaligus nervous,yaiyalah kan ana jarang banget jadi pengajar di darsul masa’,pelajaran sore. Ana langsung cabut ke KMI wat dapat jadwal mengajar,dan Alhamdulillah ngajar khot.”tob’anlah ukhti sarah..faniyyah jiddan sih..”(pastilah kak sarah kreatif banget sihh)kata temenku.haha..aminn.. perjuangan itu ana mulai dari siang,sore,malem,pagi tanpa makan walaupun emang perut terasa laperr..banget gara-gara bolak-balik ke kamar ustadzah musyrifah, pembimbing. wat konsultasi dan langsung buat I’dad dengan tinta hitam yang rapi walaupun salah harus ganti kertas HVS lagi dan sebelumnya sudah beli di sore hari tadi plus deadline dikumpulin terakhir jam 6 pagi!. Ahh lumayan rempongnyaa..buat I’dad berlembar-lembar dan banyak salahnya(total sukses 10 lembar gagal 20 lembar)haha..
Alhamdulillah untung selesai..jam 3 pagi! Fyuuhh..lega rasanya,tapi masih kurang khotnya saja,itupun ana lanjutin di masjid usai sholat tahajjud dan nunggu subuh. Setelah sholat subuh..eh ternyata tandhif,bersih-bersih auditorium besar  wat persiapan balik lagi ke mahjar! whaattt!! aku langsung cuek aja dan terus nyelesain I’dadku yang hampir selesai,jam 6 pas langsung ana kumpulin Alhamdulillah. Dan today is amaliyah tadris temanku,Firina Aisyah kelas 6B dengan mata pelajaran reading(bahasa inggris) untuk kelas 2KMI. Coz, dia ahlul lughoh yang suka banget sama bahasa inggris sampai pernah dapat beasiswa study tour ke Australia…wahh..keren ya..
Rasanya setelah ini sih..ngantukk banget mulai waktu Firina ngajar sampai dengan evaluasi amaliyahnya. wal hasil ana di panggil ke KMI ba’da magrib! Haduhh..kapok dah,itu sebab dalam peraturan di tarbyah ngamaliyah gak boleh ngantuk,nyontek evaluasi, harus dapet tanda tangan lengkap,gak boleh telat datang,de el el lah..tapi kita ikhlas saja mengerjakannya kan ikhlas dan sabar awal dari sebuah keberhasilan..tul gak?.
to be continue… 

0 komentar:

Posting Komentar